Mitologi Aztec

Cover buku “Mitologi Aztec” karya Michael A. Schuman

 • Judul Buku : Mitologi Aztec (diterjemahkan dari “Mayan and Aztec Mythology“)

 • Penulis : Michael A. Schuman

 • Penerjemah : Farihatul Husniyah

 • Penerbit : OnCor Semesta Ilmu, Depok

 • Terbit : 2011, Cetakan I

 • Halaman : xxxii + 118 halaman

Mitologi, seringkali dikaitkan dengan negeri Yunani, Romawi, dan bahkan Cina. Ketiga negeri ini memiliki mitos yang sangat terkenal dan membawa pengaruh besar terhadap kehidupan modern dewasa ini. Namun perlu diketahui bahwa setiap kebudayaan di seluruh dunia memiliki mitologinya masing-masing. Demikian pula dengan bangsa Aztec dan Maya di Amerika.

Mengisahkan tentang dua bangsa yang amat termahsyur di Benua Amerika, Aztec dan Maya. Kedua bangsa ini mendiami daerah yang dikenal dengan nama Mesoamerika. Mesoamerika secara geografis mencakup daerah yang sekarang ini disebut Mexico, Guatemala, dan Belize. Bangsa Aztec dan Maya sama-sama mempunyai sistem pemerintahan yang rumit, membangun kota-kota besar layaknya bangsa Mesir dan Romawi. Selain itu mereka juga membangun kuil dan monumen di dalamnya, memakai sistem pertanian yang canggih, mendirikan pasar yang besar dan menjual barang dagangan dan makanan. Salah satu kebudayaan yang menjadi karakteristik kedua bangsa ini adalah pengorbanan / mengorbankan manusia.

Saat membaca mitos dalam buku ini, pembaca dapat langsung mengetahui bahwa kedua bangsa ini mempunyai ikatan yang sangat kuat antara para dewa dengan kehidupan masyarakatnya. Misalkan saja, kedua bangsa ini bergantung pada pertanian untuk kelangsungan hidupnya, mereka percaya akan adanya dewa yang memerintah hujan, angin, dan sebagainya. Mereka juga mempunyai budaya seperti berperang, sehingga mereka pun mempercayai akan adanya dewa perang untuk membimbing mereka dalam pertempuran dan memberi mereka keberanian.

Terdiri dari 8 bab yang sangat mengesankan dan membuat pembaca pasti akan penasaran tentang mitos-mitos yang dipercaya oleh bangsa Aztec dan Maya. Setiap bab dalam buku ini mengisahkan tentang kitab suci, dewa-dewi, dan penciptaan alam semesta beserta isinya. Lalu, apa saja mitos-mitos dari bangsa termashyur di Benua Amerika tersebut ? Siapa saja para dewa yang mereka sembah ?. Akan sangat menarik jika Anda membaca buku ini, apalagi ditambah dengan adanya gambar-gambar yang ada dalam buku ini hingga mampu memberi gambaran tentang para dewa yang dipercaya secara baik oleh Bangsa Maya maupun Aztec.

2 thoughts on “Mitologi Aztec

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s