Heaven’s Diver. Raja Ampat, Indonesia.

Memasuki Bulan Juni-Juli-Agustus sama dengan memulai liburan! yeay! Mau kemana ya? Sama siapa ya? Hmm… oke oke, kali ini kita coba jalan-jalan ke timur Indonesia deh, tepatnya di Pulau Papua, Raja Ampat! :-) Yap! Mungkin ini bisa jadi alternatif liburan bernuansa pantai yang tidak akan pernah terlupakan dan akan sangat berkesan.

Heaven’s Diver ; sebuah sebutan yang rasanya pantas disematkan bagi kepulauan di timur Indonesia yang satu ini. Tak perlu bepergian jauh-jauh ke Maldives untuk mencari tempat diving spot  dengan air laut yang bening dan beragam biota laut yang sangat eksotis. Terletak di sebelah barat luat Pulau Papua, kepulauan Raja Ampat terdiri dari gugusan 35 pulau berpenduduk dan 4 pulau utamanya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Raja Ampat adalah salah satu surga bawah laut yang menyimpan banyak keajaiban didalamnya.

Kebanyakan wisatawan yang datang untuk berwisata punya tujuan utama yakni menikmati keindahan bawah lautnya. Kepulauan Raja Ampat ini menawarkan pengalaman diving atau snorkeling yang pastinya tidak akan pernah terlupakan dan akan sangat berkesan. Hmmm… bagaimana tidak, menurut beberapa sumber perairan, Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia! Bahkan -mungkin- diakui juga sebagai nomor 1 untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.

Wilayah ini sempat menjadi tempat pemburu terumbu karang sebagai ladang penghasilan mereka dengan cara mengebom dan juga menebar racun sianida untuk menangkap ikan karang. Namun, dengan kesadaran penduduk yang berupaya untuk melindungi kawasan itu sehingga akhirnya kekayaan lautnya tetap dapat diselamatkan. Para ahli dalam sebuah penelitian juga mencatat, di perairan ini terdapat lebih dari 540 jenis karang keras, lebih dari 1.000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska. Hal ini juga menjadikan 75% spesies karang dunia berada di Kepulauan Raja Ampat. Tidak satupun tempat yang memiliki jumlah spesies karang sebanyak ini. Luar biasa!

Diving merupakan kegiatan yang menyenangkan, namun bagi yang tidak terlalu menyukai diving ada alternatif lain, menikmati indahnya pantai dengan pasir yang putih bersih. Keindahan pasir putihnya memang dapat dijumpai di banyak tempat, namun kita tidak akan hanya menikmati putihnya pasir yang ada disana, di kawasan gugusan Pulau Misool kita dapat melihat peninggalan prasejarah berupa cap tangan pada dinding batu karang. Apa uniknya? Cap tangan ini berada sangat dekat dengan permukaan laut dan tidak berada di dalam gua. Menurut perkiraan, usia cap tangan ini sekitar 50.000 tahun! Awesome! Selain itu, ada paket wisata yang ditawarkan dengan mengunjungi perkampungan untuk melihat tanaman dan hewan khas setempat seperti Burung Cenderawasih, aneka burung kakatua dan nuri, Kuskus Waigeo serta beragam jenis anggrek.

Di Pulau Misool terdapat sebuah resort yang dibangun dengan konsep konservasi alam yang ketat. Terdapat kesepakatan dengan penduduk adat di sekitar wilayah tersebut untuk menjaga ekosistem terpadu yang disebut “No Take Zone” yakni dilarang melakukan eksploitasi berupa pengambilan apapun dari laut, mulai dari berburu kerang, telur penyu, sampai hanya sekedar mencari ikan. Lebih ekstrimnya lagi, di ecoresort ini  mengharamkan penggunaan antiseptik karena limbah buangannya dikhawatirkan dapat membunuh ekosistem terumbu karang di sekitarnya.

Jadi, kalau berkunjung ke Raja Ampat pastikan untuk ikut menjaga kebersihan dan keindahnnya dengan salah satu caranya adalah tidak membuang  sampah sembarangan di sekitar pantai dan laut, tidak merusak terumbu karang dan secara sembarangan menangkap ikan. Kepulauan Raja Ampat bisa menjadi salah satu alternatif liburan yang superb ,  walaupun perlu menrogoh kantong lebih dalam, namun dapat dijamin perjalanan serta liburan di Raja Ampat tidak akan pernah terlupakan dan selalu menjadi kenangan yang terindah.

Related tohttps://muhammadzulidhar.wordpress.com/2012/03/09/lombok-the-balis-sister-island/

7 thoughts on “Heaven’s Diver. Raja Ampat, Indonesia.

  1. Rey Kenon

    I am consequently happy by myself observed the website. Anyone basically suggested everybody basically everything that My spouse and i decided for you to hear for you to along with next various. Handsome posting along with many thanks repeatedly pertaining to achieving that zero tarif!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s