Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Kabupaten Bandung Barat

Kabupaten Bandung Barat memiliki 1 kecamatan baru yang telah diresmikan pada Bulan Oktober 2011 yaitu Kecamatan Saguling. Kecamatan ini menjadi kecamatan ke-16 di Kabupaten Bandung Barat setelah diresmikan oleh Bupati Kabupaten Bandung Barat, Abubakar, di Desa Cipangeran.

Saguling awalnya merupakan bagian dari Kecamatan Batujajar yang memiliki 16 desa namun karena akses menuju kantor camat Batujajar sangat sulit diakses oleh warga Saguling yang jaraknya cukup jauh karena harus melewati Waduk Saguling, akhirnya dimekarkanlah wilayah Saguling dari Kecamatan Batujajar. Camat Saguling, Ishak Basri, juga berharap Kecamatan Saguling ini dapat terbangun daripada kondisi sebelumnya yang ‘terisolasi’ agar dapat mengembangkan potensi yang ada.

Pembagian desa di Kecamatan Saguling dan Batujajar hampir sama, 6 desa untuk Kecamatan Saguling dan 7 desa untuk Kecamatan Batujajar. Ke 6 desa di Kecamatan Saguling tersebut yakni Desa Cipangeran (Ibukota kecamatan), Desa Jati, Desa Cikande, Desa Bojongheulang, Desa Saguling, dan Desa Girimukti.

Batas-batas wilayah administrasi untuk Kecamatan Saguling sebenarnya belum ada ketentuannya, namun jika melihat langsung secara geografis dapat dikatakan bagian utara Kecamatan Saguling berbatasan dengan Kecamatan Padalarang dan Kecamatan Cipatat, bagian timur berbatasan langsung dengan Waduk Saguling, bagian selatan berbatasan dengan Kecamatan Cipongkor, dan bagian barat berbatasan dengan Kecamatan Batujajar.

Bupati Kabupaten Bandung Barat, Abubakar, memberikan bekas kantor Desa Cipangeran sebagai kantor camat Saguling, selain itu juga pemberian serta penambahan fasilitas umum akan dilakukan guna memenuhi kebutuhan pelayanan kepada 40.000 warga di Kecamatan Saguling ini. Fasilitas yang akan dibangun misalnya puskesmas dengan fasilitas rawat inap, Sekolah Menengah Atas, serta infrastruktur lain. Infrastruktur yang perlu dibangun misalnya ruas jalan yang masih harus ditingkatkan ditambah pula karena ruas jalan yang melintasi perbukitan masih banyak yang buruk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s