Artritis

Istilah “Artritis” mengacu pada lebih dari 100 jenis penyakit yang semuanya menyebabkan nyeri, kekakuan, dan peradangan pada sendi orang yang terkena dampaknya. Semua kondisi artritis melibatkan beberapa bentuk nyeri sendi atau yang lain. Namun, keseriusan nyeri sendi, durasi nyeri sendi, dan derajat nyeri sendi bervariasi dari satu jenis artritis yang lain.

Persendian yang sering terasa nyeri

Dua jenis yang paling umum dari artritis termasuk Osteoarthritis dan Rheumatoid arthritis. Osteoarthritis adalah bentuk paling umum dari artritis, di mana tulang rawan sendi rusak. Dalam kasus lain Osteoarthritis, pasien mengalami perkembangan tulang yang juga dikenal sebagai taji tulang dan pasien juga kehilangan partikel tulang rawan.

Osteoarthritis mempengaruhi sebagian besar orang tua yang berusia 55 tahun ke atas. Itulah mengapa kebanyakan orang mengatakan itu adalah ‘penyakit sendi untuk orang berusia’. Osteoarthritis sebagian besar menyerang bagian tangan, kaki, tulang belakang, pinggul dan lutut.

Dalam Rheumatoid arthritis, sel darah putih (terutama membran sinovial) dalam tubuh pasien mengalami pembagian, pertumbuhan dan perkembangbiakan yang tidak wajar. Akibatnya akan ada peradangan yang ditimbulkan dari membran sinovial dan kapsul sendi yang bergesekan dan menimbulkan berbagai efek seperti hilangnya rasa sakit pada bagian yang terkena peradangan. Jika tidak segera ditangani maka dapat mengakibatkan kerusakan pada tulang rawan.

Terlepas dari jenis arthritis, jenis lain dari arthritis yang biasanya mempengaruhi orang adalah Artritis inflamasi. Jenis radang sendi yang satu ini menyebabkan peradangan yang sangat berat pada sendi dan tendon korban.

Jenis ini sebagian besar ditandai dengan pembengkakan dan peradangan pada membran sinovial – menyebabkan nyeri hebat dan kekakuan pada sendi para korban. Artritis inflamasi sendi membuat tampilan luar kulit berwarna merah dan rasanya hangat saat disentuh.

Bagian luar tubuh yang berwarna merah dan hangat bila disentuh

Negara yang paling banyak mempunyai penderita penyakit ini adalah Amerika Serikat, dimana sebanyak 16 % dari populasi penduduk Amerika Serikat menderita penyakit ini. Artritis adalah penyakit nomor satu penyebab seseorang mengidap cacat fisik.  Artritis dapat menyerang siapa saja baik dewasa maupun anak-anak. Anak-anak yang sangat rentan terhadap segala penyakit, jika terkena penyakit ini harus segera mendapatkan bantuan dan perawatan yang lebih daripada sebelumnya. Tidak seperti orang dewasa yang dapat bertahan  terhadap nyeri sendi yang dirasakan, anak-anak kurang bisa bertahan terhadap rasa sakit yang timbul akibat nyeri hebat yang dialaminya dan karenanya membutuhkan bantuan penanganan yang cepat dan tepat sebelum menjadi masalah yang serius.

One thought on “Artritis

  1. Pingback: A Healthy Sport : Yoga « Charcoal Handwriting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s